Blog Indonesia
Masuk
Back to blog

Menggunakan Jasa Outsourcing di Masa Pandemi

Sebuah perusahaan berkembang tentunya membutuhkan sistem pengelolaan yang terstruktur di berbagai elemen, salah satunya dalam fungsi HR. Penggunaan jasa outsourcing bisa menjadi sebuah solusi.

Fungsi HR merupakan pekerjaan yang tidak sederhana, membutuhkan waktu serta pengeluaran serius untuk peran yang dipegang. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi pemilik usaha untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa outsourcing agar peluang untuk fokus mengembangkan bisnis serta pengelolaan tenaga kerja dapat berjalan baik secara bersamaan. Berikut penjabaran manfaat menggunakan jasa outsourcing, khususnya di waktu sekarang ini:

Menghemat biaya non-produksi dan pengeluaran

Salah satu pengeluaran terbesar dalam perusahaan adalah upah dan gaji karyawan. Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat meminimalisir pengeluarannya karena penerapan dan manfaat kerja telah ditetapkan secara lebih efisien berdasarkan jasa yang diberikan.

Membantu perusahaan lebih fokus ke bisnis dan strategi

Seperti penjelasan singkat sebelumnya, dengan menggunakan jasa outsourcing, pemilik usaha dapat lebih fokus kepada visi, misi, serta strategi bisnis perusahaan karena tidak perlu lagi mengurus hal-hal lain, misalnya kebutuhan HR, yang telah sepenuhnya dipercayakan kepada jasa outsourcing

Memberikan hasil kerja yang lebih fokus

Menggunakan jasa outsourcing berarti memiliki sebuah kesepakatan kerja dengan pihak ketiga. Mereka diberikan cakupan dan waktu kerja yang jelas dan spesifik. Hal ini berarti terdapat pemahaman bahwa pekerjaan yang dilakukan bukan hanya benar-benar terikat aturan waktu, tetapi juga aturan bahwa hasil yang diberikan dapat diterima dan memuaskan. 

Memastikan kemudahan kerja jarak jauh

Perubahan yang terjadi seiring kebijakan pemerintah guna menurunkan jumlah korban covid adalah dengan membatasi jumlah karyawan yang bekerja di gedung kantor. Untungnya, banyak pekerja alih daya (outsourced) yang terbiasa dengan hal ini karena fleksibilitas yang didapatkan dari pengalaman kerja masing-masing. Bila kerja jarak jauh menjadi tantangan bagi beberapa orang, hal tersebut tidak berlaku untuk pekerja alih daya yang dapat langsung beradaptasi.

Itulah beberapa manfaat menggunakan jasa outsourcing, khususnya untuk HR, dalam sebuah perusahaan. Sebenarnya ada satu hal lagi yang belum disebutkan terkait hal ini: solusi outsourcing dalam skenario pemutusan hubungan kerja – sebuah skenario yang banyak terjadi selama pandemi. Pemutusan hubungan kerja adalah satu opsi terakhir, tidak ada satu orang atau satu bisnis pun yang ingin melalui hal ini. Namun, ketidakstabilan finansial selama situasi pandemi memaksa banyak perusahaan melakukannya. 

Dalam situasi ini, outsourcing bisa menjadi salah satu opsi solusi. Bukan hanya lebih mudah dari proses administrasi, tetapi juga menyesuaikan syarat dan ketentuan kerja bisa mengakomodasi kedua belah pihak (pemberi kerja dan karyawan) tanpa ada dampak buruk secara jangka panjang. 

Seperti yang terlihat, pandemi ini mendorong banyak penyesuaian dan kebutuhan. Jika Anda memiliki pilihan untuk mempermudah sebuah pekerjaan, memilih opsi tersebut bisa jadi hal yang bijak. 

Sebagai contoh, Anda mungkin pernah mendengar (atau mungkin belum) nama Kayaroll. Kami mendesain sebuah aplikasi pembayaran gaji yang tidak hanya ramah pengguna dan terintegrasi IRAS, tetapi juga secara khusus ditujukan bagi usaha kecil-menengah di luar sana. Kami memahami bagaimana sulitnya membangun sebuah bisnis, dan setiap solusi yang memudahkan patut dipertimbangkan. Kayaroll menjadi salah satu solusi tersebut. Cari tahu lebih lanjut di sini dan jadilah satu di antara seratus sign ups pertama untuk mendapatkan aplikasi kami secara cuma-cuma.